Jumat, 22 Januari 2010

Saya sudah 35 tahun, jadi saya tak mungkin sukses?


Barangsiapa sudah mencapai lebih dari 30 tahun tapi belum sukses, maka tak akan pernah dia capai kesuksesan itu sampai akhir hayatnya. Pernyataan ini SALAH BESAR. Ini bukan kata kitab suci, tapi ada orang yang menisbatkan kata kata itu kepada Nabi. Padahal Nabi tak pernah berbohong. Dan kata kata yang bertentangan dengan keadilan dan maha pengampunnya tuhan itu terbukti salah. Adalah Kolonel Sanders Pemilik KFC, mengawali Fancise KFC nya pada umur 65 tahun menggunakan uang pensiunnya sebagai modal. Bagaimana ceritanya?

Memang benar dia belajar memasak di usia dini hingga pada usia 7 tahun dia sudah memasak di berbagai tempat masak. Tapi seperti diakuinya sendiri bahwa kesuksesan KFC bukanlah karena kepandaiannya memasak ayam, karena semua orang bisa memasak ayam. Faktor terpenting keberhasilannya adalah sistem franchise yang dibangunnya.
Di usianya yang ke 65, dia menyeberangi negara bagian untuk memasak di restoran restoran. Jika pemilik restoran tertarik, dia adakan perjanjian bisnis waralaba bagi keuntungan. Sistem Franchise atau Waralaba pada dasarnya adalah membatasi keuntungan sendiri dan membaginya untuk orang yang mau menjualkan brand produk miliknya.
Dengan memberikan sebagian keuntungan kepada orang lain, banyak orang yang berlomba lomba mendapatkan kesempatan untuk ikut menjualkan produk KFC beserta Brand nya. Dan hasilnya seperti yang kita lihat sekarang, Kolonel Sanders mendapatkan keuntungan dari semua outlet KFC yang tersebar di seluruh dunia.
Kalau kita simak ada ada tiga hal penting yang mendorong pertumbuhan waralaba KFC sang Kolonel, dan ini bisa kita ambil pelajaran sebagai berikut:
1. Ajaklah orang lain memasarkan produk kita dengan memberikan sebagian keuntungan kepada mereka, sehingga semua orang berlomba untuk menjualkan produk kita
2. Buatlah mekanisme yang memudahkan orang lain untuk menjualkan produk kita
3. Usahakan Produk anda tetap berkualitas sehingga mudah terjual
Dengan sistem demikian, kita bisa memilih, apakah mau menjadi kolonel sanders yang membagikan sebagian keuntungannya atau sebagai orang yang menjualkan produk KFC dan mendapatkan bagian keuntungannya? Dua duanya mendapatkan keuntungan, hanya bedanya Kolonel sanders harus punya produk, sedangkan kita tidak.
Apakah hal ini bisa diterapkan dalam bisnis Online? Jawabnya Ya! Bahkan Dengan Internet Sistem nya akan berjalan jauh lebih mudah. Bagaimana teknisnya? Tunggu postingan selanjutnya






Tidak ada komentar:

Posting Komentar